Tahapan Menyusun Audit Manajemen: Jasa Audit Sistem Manajemen Dan Keuangan

admin   August 15, 2017   Comments Off on Tahapan Menyusun Audit Manajemen: Jasa Audit Sistem Manajemen Dan Keuangan

Jasa Penyusunan SOP dan Peraturan PerusahaanAudit manajemen merupakan sebuah audit yang dilakukan terhadap sebuah manajemen dalam organisasi yang dilakukan secara keseluruhan untuk memastikan apakah setiap unsur manajemen telah direncanakan, dijalankan, serta dikendalikan dengan menggunakan prinsip manajemen dengan baik dan benar. Audit sistem manajemen merupakan salah satu bagian dari metode PDCA serta menjadi alat pengendali manajemen yang efektif dan efisien. Tujuan dari audit sistem manajemen adalah memastikan bahwa sudah terjadi kesesuaian antara sistem manajemen dan kriteria audit yang telah memenuhi standard. Selain itu, audit sistem manajemen juga berfungsi untuk mengevaluasi suatu sistem manajemen apakah dalam perjalanannya memenuhi tujuan organisasi telah terlaksana dengan efektif. Pentingnya audit sistem manajemen membuat banyak perusahaan yang menggunakan jasa audit sistem manajemen dan keuangan untuk memperoleh sebuah data audit yang diinginkan.

Tahapan Menyusun Audit Manajemen Yang Dilakukan Perusahaan Dan Jasa Audit Sistem Manajemen Dan Keuangan

Ada beberapa tahapan yang biasa dilakukan oleh pihak perusahaan ataupun oleh pihak jasa audit sistem manajemen dan keuangan dalam melakukan audit sistem manajemen. Tahapan yang pertama adalah audit pendahuluan. Pendahuluan dilakukan dengan mencari berbagai macam informasi mengenai latar belakang suatu objek yang akan Anda audit dengan lengkap. Selanjutnya, memilih peraturan, kebijakan, serta ketentuan yang telah diterapkan dalam organisasi. Langkah selanjutnya dalam audit pendahuluan adalah menemukan sebuah objek yang kemungkinan memiliki sebuah kelemahan. Setelah serangkaian langkah tersebut dijalankan, langkah selanjutnya adalah membuat audit sementara. Tahap yang kedua adalah pengujian pengendalian manajemen. Hal ini dilakukan dengan mengukur efisiensi serta efektivitas dalam pengendalian manajemen. Kemudian mencari informasi mengenai konsep pengendalian internal dalam objek yang diaudit. Setelah itu barulah dilakukan audit sesungguhnya.

Tahap yang selanjutnya dilakukan dengan mencari informasi serta bukti yang relevan dan kemudian mengembangkan bukti yang telah ditemukan tersebut. Tahapan yang selanjutnya adalah pelaporan. Melaporkan berbagai hasil audit serta rekomendasi yang diberikan kepada pihak manajemen (pihak yang memiliki kepentingan dalam kasus ini adalah pihak manajemen). Selanjutnya, membuat sebuah laporan yang komprehensif. Tahap yang terakhir adalah tahap tindak lanjut. Hal ini mendorong mereka yang menggunakan laporan audit untuk melakukan berbagai macam perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang telah disajikan oleh auditor. Demikian beberapa tahapan audit sistem manajemen yang dilakukan oleh auditor dari jasa audit sistem manajemen dan keuangan.

Related posts: