Sejarah Singkat Lagu Indonesia Raya

Sejarah Singkat Lagu Indonesia RayaLagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lagu wajib yang juga memiliki fungsi sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh laut-laut dan selat-selat kecil. Lagu kebangsaan ini memiliki sejarah yang cukup panjang, bahkan bisa dikatakan lebih panjang dari usia negara ini. Namun sang penulis lagu, Wage Rudolf Supratman meninggal pada tahun 1938, tujuh tahun sebelum lagu ini secara resmi dijadikan sebagai lagu kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman pada saat usianya 21 tahun ketika ia sedang berada di Bandung. Lagu ini dikumandangkan pertama kali pada tanggal 2 Oktober 1982 di Kongres Pemuda II di Batavia. Pada saat menulis lagu ini, Wage Rudolf Supratman dengan jelas menyebut lagu ini sebagai lagu kebangsaan di bawah judulnya. Teks atau naskah lagu ini pertama kali dimuat dikoran Sin Po edisi bulan November 1928 yang merupakan koran tionghoa berbahasa melayu. Pada awalnya, Belanda dengan jelas menolak lagu ini sebagai lagu kebangsaan. Namun pada saat itu, para pemuda tidak gentar untuk mengumandangkan lagu ini di acara-acara  penting seperti rapat partai politik dan pertemuan penting lainnya. Mereka mengganti lirik lagu “Merdeka, Merdeka!” menjadi “Mulia, Mulia!”. Ketika proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, lagu ini secara resmi digunakan sebagai lagu kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lima tahun kemudian pada tahun 1950, lagu ini kemudian disempurnakan oleh musisi Belanda kelahiran Belgia bernama Josh Cleber atas permintaan Kepala Studio RRI Jakarta, Jusuf Ronodipuro. Bung Karno juga memberi masukan. Dalam proses penyempurnaan aransemen lagu ini,

Rekaman inilah yang kemudian dikumandangkan di berbagai event-event internasional seperti Asian Games, Asean Games dan juga Olimpiade.  Berkat rekaman Jos Cleber ini pula, lagu ini mulai dikenal secara internasional sebagai lagu kebangsaan Indonesia. Namun, sangat disayangkan ketika penulis lagu ini, Wage Rudolf Supratman, belum sempat mengetahui kalau lagu karangannya diakui sebagai lagu kebangsaan resmi negara ini. Itulah sejarah singkat lagu Indonesia Raya.

Related posts: