Penyebab Perbedaan Harga BBM Di Indonesia

admin   April 15, 2017   Comments Off on Penyebab Perbedaan Harga BBM Di Indonesia

hargaSeperti yang telah kita ketahui, Pertamina merupakan suatu perusahaan terbatas atau PERSERO yang menyediakan bahan bakar untuk motor bakar. Pertamina sendiri menyediakan beberapa macam bahan bakar dengan harga yang berbeda untuk tiap jenis yang penggunaannya berbeda untuk mesin. Ada solar yang khusus untuk motor bakar diesel, ada Pertamax, premium, serta yang paling baru adalah Pertamax yang digunakan oleh motor bakar bensin. Namun, walaupun bahan bakar minyak untuk motor bakar ini sendiri disediakan hampir di seluruh wilayah Indonesia, akan tetapi memiliki perbedaan nilai jual untuk masing-masing jenis bahan bakar pada tiap-tiap wilayah Indonesia.

Apa Yang Menyebabkan Harga BBM Berbeda Di Tiap Wilayah Di Indonesia?

Penyebab perbedaan harga bahan bakar minyak di Indonesia adalah karena disebabkan adanya perbedaan besarnya ketetapan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada tiap daerah di Indonesia. Ada yang mengalami penurunan, ada pula yang mengalami peningkatan. Misalnya saja bensin untuk yang premium di Jawa timur turun menjadi hanya Rp. 6.700,- untuk tiap liter, sedangkan untuk wilayah Bali, bensin premiumnya sebesar Rp. 7.000,- untuk tiap liternya. Untuk wilayah Indonesia yang berada di wilayah Jawa, NTB, serta NTT dikenakan pajak bahan bakar kendaraan bermotor sebesar lima persen saja, sedangkan untuk di wilayah Bali, di tetapkan pajaknya sebesar sepuluh persen. Lebih tinggi dibanding Jawa, NTT, dan NTB.

Akan tetapi perbedaan ini hanya berlaku untuk yang berada di SPBU, berlaku untuk bagi yang membeli lewat eceran akan tetapi dengan selisih yang jauh lebih besar. Jika antar wilayah saja sudah berbeda, ini ditambah lagi dengan adanya eceran yang harganya juga berbeda jauh dari Pertamina, hal ini dikarenakan diluar garis distribusi Pertamina yang hanya mendistribusikan kepada wilayah kerjanya saja. Akan tetapi jangan khawatir, walaupun memiliki perbedaan nilai jual pada tiap wilayah, Pertamina berjanji akan menjaga stok atau persediaan dari bahan bakar minyak ini untuk menghindari adanya penimbunan bahan bakar minyak yang menyebabkan kelangkaan yang berujung pada kenaikan harga.

Related posts: