Mengapa Anda Harus Membacakan Cerita Anak?

Mengapa Anda Harus Membacakan Cerita Anak?Banyak orang tua di era sekarang mencari kerja di luar baik suami maupun istri untuk menutupi kebutuhan ekonomi keluarga. Hal ini tentu saja akan mengurangi waktu anda bersama anak-anak anda. Salah satu cara yang dapat anda lakukan agar tetap memiliki hubungan yang harmonis dengan anak anda adalah dengan membacakan cerita anak. Mengapa harus membacakan cerita kepada anak dan tidak kegiatan lain? Jawabannya dapat anda temukan dalam beberapa alasan dan manfaat positif yang bisa anda dapatkan dari membacakan cerita untuk anak anda.

Alasan Orang Tua Harus Membacakan Cerita Anak

Anda dapat menyisakan waktu setengah jam sebelum tidur untuk menceritakan cerita anak kepada anak anda sejak dini. Hal ini akan memberikan banyak dampak positif bagi sang buah hati. Alasan yang pertama adalah karena dengan membaca cerita anak kepada anak dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi sang anak terutama bagi anak-anak yang berusia 1 higgga 3 tahun dimana mereka sedang mulai membangun komunikasi dengan orang lain.  Komunikasi tentu saja memerlukan kosakata yang cukup banyak sehingga anak mampu merangkai sebuah kalimat yang dia inginkan. Dari mendengarkan cerita, kosakata anak dapat bertambah sehingga dapat mempermudah mereka dalam menyusun kata-kata.

Alasan kedua adalah anda dapat mengajarkan kepada anak anda cara berbicara yang benar baik dari sisi penggunaan kata-kata dan volume suara. Dari cara anda bercerita, anak-anak dapat menangkap besarnya volume suara yang cocok ketika hendak berkomunikasi, dengan demikian , mereka tidak akan belajar bicara dengan volume suara yang terlalu kecil ataupun terlalu keras. Alasan ketiga anda harus membacakan cerita anak secara rutin kepada anak anda adalah anda dapat membantu anak membentuk sebuah pola perilaku dan nilai sosial yang baik. Ini merupakan sebuah bekal bagi anak anda ketika masuk ke masyarakat nantinya seperti mulai bersekolah dan lain sebagainya.

Anda disarankan untuk memilih cerita anak yang mengandung nilai-nilai sosial yang dapat mengajarkan anak anda untuk berperilaku dengan baik di lingkungannya dan terhadap sesama. Sebagai contoh, apabila anda sedang mempersiapkan mental anak anda untuk mendapatkan seorang adik, anda dapat mencari cerita yang berhubungan dengan kelahiran adik baru yang menambah jumlah anggota keluarga sehingga keluarga menjadi lebih bahagia dan ceria. Dengan demikian, anak sulung anda tidak akan merasa iri hati kepada adiknya ketika telah dilahirkan.

Related posts: