Macam-Macam Lensa Tanam pada Operasi Katarak

admin   August 27, 2017   Comments Off on Macam-Macam Lensa Tanam pada Operasi Katarak

Operasi KatarakDewasa ini, katarak menjadi salah satu masalah kesehatan yang lazim ditemui di masyarakat. Katarak sendiri sesungguhnya tak jelas penyebabnya. Namun untungnya saat ini dokter telah menemukan prosedur untuk menghilangkan katarak dari mata para penderitanya. Operasi katarak dapat dijadikan salah satu solusi bagi para penderita katarak yang ingin memperoleh tampilan mata yang tetap sehat dan terhindar dari katarak di mata. Prosedurnya pun sangat mudah dilakukan. Pun kali ini sudah banyak klinik dan dokter yang bersedia untuk melakukan operasi untuk penderita katarak. Katarak ini tak hanya muncul pada orang yang sudah lanjut usia, lho. Namun, anak-anak dan bayi bisa juga menderita penyakit ini dikarenakan adanya infeksi. Maka dari itu, penanganan dan tindakan yang tepat akan sangat membantu untuk memperoleh kesehatan mata.

Mengenal Operasi Katarak Dan Prosedurnya

Bagi para penderita katarak, operasi merupakan salah satu prosedur tercepat untuk menghilangkan kekeruhan pada lensa mata. Sesungguhnya, operasi katarak dilakukan dengan prinsip membuat sayatan di mata, mengambil lensa mata yang bermasalah kemudian menggantinya dengan lensa tanam. Nah, sebelum melakukan prosedur operasi, pasien akan diberitahu untuk tidak minum atau pun makan selama dua belas jam sebelum operasi berlangsung. Kemudian, akan dilaksanakan prosedur operasi dengan menyayat lensa mata. Sayatan pada lensa mata sendiri berbeda-beda tergantung dengan seberapa besar kerusakan lensa yang diakibatkan oleh katarak tersebut. Nah, lensa-lensa tanam yang dipasang dalam mata pun memiliki jenis-jenis yang berbeda.

Lensa tanam yang pertama adalah lensa torik, yang merupakan lensa yang dapat berfungsi untuk memperbaiki mata yang rabun. Tak hanya itu, lensa ini juga sangat berpengaruh untuk mengatasi masalah silinder pada penderitanya. Yang kedua adalah lensa multifocal yang memungkinkan penderita yang memakainya dapat fokus pada pandangan dengan berbagai jarak. Lensa ke tiga adalah lensa monofokal yang dapat digunakan untuk fokus pada satu jarak tertentu, yakni rabun jauh. Lensa-lensa yang digunakan dalam operasi katarak tersebut merupakan lensa yang tentunya aman digunakan pada penderita katarak.

Related posts: