Cara Menentukan Akreditasi Jurusan di Suatu Universitas

admin   July 23, 2016   Comments Off on Cara Menentukan Akreditasi Jurusan di Suatu Universitas

passing gradeSiapa yang asing dengan kata akreditasi, akreditasi adalah sebuah penilaian, itulah pengertian umumnya. Akreditasi Jurusan merupakan salah satu penilaian yang dilakukan pemerintah untuk menstandarkan dan penjaminan mutu, khususnya untuk para alumni dan para calon pendaftar. Kita sering kali dibuat bingung oleh beberapa kondisi di saat kita ingin masuk di sebuah universitas dan memilih jurusan tertentu. Perguruan tinggi di Indonesia sangatlah banyak dan relatif memiliki jurusan yang sama, dan hal ini lah yang membuat kita bingung, menentukan bagus mana antara suatu jurusan di perguruan tinggi A dengan perguruan tinggi B. Maka dari itu, inilah fungsi akreditasi, untuk melihat jaminan mutu dari suatu jurusan di perguruan tinggi tertentu. Akreditasi memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk memberikan informasi mengenai kelayakan dan juga untuk introspeksi perguruan tinggi tersebut.

Menentukan Akreditasi Jurusan di Perguruan Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa akreditasi merupakan standarisasi yang dilakukan pemerintah, atau juga penilaian kelayakan suatu perguruan tinggi. Untuk menentukan sebuah akreditasi jelas dibutuhkan standar-standar penilaian khusus untuk bisa menilai suatu jurusan atau program studi tertentu. Akreditasi Jurusan didasari dari standar isi, standar proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik/kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, keuangan, standar penilaian, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Aspek-aspek tersebut merupakan hal-hal yang dinilai pemerintah yang dijadikan dasar dalam menentukan akreditasi di sebuah program studi atau akreditasi.

Dari standar-standar tersebut akan dikalsifikasikan dalam bentuk angka penilaian yaitu 0-400, dan akan dikerucutkan lagi menjadi penilaian berupa huruf, dari NA, C, B, dan yang tertinggi A. Akreditasi A merupakan yang tertinggi, atau jurusan yang mendapatkan nilai tertinggi menurut standar-standar penilaian yang ditentukan, dan NA dengan kata lain adalah tak terakreditasi. Sementara itu, penerbitan ijazah menurut aturan pemerintah hanya boleh dikeluarkan oleh jurusan dengan akreditasi minimal C, dengan kata lain jurusan yang belum terakreditasi tidak boleh menerbitkan ijazah, dan dianjurkan untuk mengajukan akreditasi kepada badan yang berwenang. Akreditasi suatu Jurusan sangatlah penting baik bagi mahasiswa, calon mahasiswa, sampai pada alumni. Selanjutnya bisa dilihat dalam situs ini http://www.infokampus.net.

Related posts: